Mining cryptocurrency dengan mudah, hanya bermodalkan browser dan CPU power, tanpa perlu mesin ASIC maupun mining rig dengan berderet GPU yang mahal dan ribet, cobain yuk di https://nano-miner.com/?1649.

Tidak seperti CPU miner online lainnya, nano-miner ini benar-benar membayar! Hal ini telah saya buktikan sendiri 😀
Let’s begin…
 
Koin yang di-mining sebenarnya adalah Monero (XMR), namun fee yang dibayarkan kepada miner dalam bentuk Nano (NANO/XRB)sebelumnya bernama Raiblocks. Mengapa Nano? Karena Nano merupakan cryptocurrency yang mengkhususkan diri sebagai koin pembayaran yang bersifat instan dan tanpa biaya transaksi sama sekali.
 
Bagaimana cara memulai mining dan mendapatkan fee berupa uXRB (1 uXRB = 0,00001 XRB)? Pertama-tama, buatlah dahulu wallet Nano di nanowallet.io atau nano.org dan simpan baik-baik informasi wallet ini karena akan berguna pada saat akan mencairkan Nano (XRB) ini kelak.
 
Oiya, sebelum memulai, disarankan untuk menonaktifkan ad blocker pada browser saat akan melakukan proses mining. Mengapa? Karena pada umumnya ad blocker akan menghalangi script mining dijalankan pada komputer.
Setelah ad blocker dinonaktifkan, masuk ke laman nano-miner (https://nano-miner.com/?1649), masukkan address wallet Nano yang baru dibuat tadi (xrb_60 digit kode acak), dan klik start mining. Proses mining mulai berjalan. FYI, minimum penarikan yang dapat dilakukan adalah 10 uXRB.
 
Last but not least, penasaran ingin tahu berapa harga XRB? Per-tanggal hari ini, 18 Februari 2018 pada saat tulisan ini dibuat, coinmarketcap mencatatkan angka Rp122.097/XRB sementara coingecko menampilkan angka Rp121.983,17/XRB. Lumayan bukan?
 
Berikutnya insyaallah akan dibahas bagaimana “mengubah” XRB/NANO ini menjadi Rupiah. Stay tuned.